Maskodeyu’s Diary

November 3, 2008

MS Office Berbahasa Indonesia

Filed under: Komputer — akhmadkh @ 1:24 am
Tags: ,

Tahukah anda? Sekarang Microsoft Office 2007 sudah didukung dengan Language Interface Pack Bahasa Indonesia. Mungkin banyak dari anda sudah tahu ya? Tapi untuk yang masih belum tahu, akan saya beritahu di sini.

Microsoft Language Interface Pack (LIP) Office 2007 adalah suatu perangkat lunak yang berfungsi mengubah bahasa pengantar Office 2007 kita ke dalam suatu bahasa tertentu. Nah, saat ini (sebenarnya sejak beberapa bulan yang lalu) sudah tersedia edisi Bahasa Indonesianya. Dengan LIP Bahasa Indonesia ini, perangkat Office 2007 yang kita pakai bisa diubah bahasa tampilannya (interface language) ke dalam bahasa kita, Bahasa Indonesia. Namun, jika anda sudah terbiasa dengan tampilan Bahasa Inggris, LIP Bahasa Indonesia ini masih berguna terutama untuk kamus (dictionary) Bahasa Indonesianya yang bisa membantu kita memeriksa ejaan kata-kata Indonesia yang salah ketik. Ketika fitur ini diaktifkan, kata-kata yang salah ketik akan otomatis diberi garis bawah bergerigi berwarna merah. Fitur ini dapat diaktifkan setelah kita memasang LIP Bahasa Indonesia tadi, walaupun bahasa interface yang kita pilih tetap Bahasa Inggris.

Fitur pengecek ketikan Bahasa Indonesia ini bisa jadi sangat membantu bila keseharian anda banyak dihadapkan pada pengetikan tulisan berbahasa Indonesia. Misalnya bila anda adalah seorang editor majalah berbahasa Indonesia atau mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang sedang menyiapkan skripsinya.

Untuk memasangnya, pertama-tama anda perlu mengunduh (download) program LIP Office 2007 Bahasa Indonesia ini di website Microsoft. Anda bisa mengunduhnya di sini. Jangan lupa membaca petunjuk pemasangannya (installation guide) terlebih dahulu dengan seksama. Petunjuk pemasangan tersebut telah disajikan dalam Bahasa Indonesia.

Selamat mencoba! Semoga anda tiadk sahla keitk lagi.

Berikut ini adalah gambar screenshot Microsoft Word 2007 yang telah dipasangi LIP Bahasa Indonesia namun masih menggunakan bahasa pengantar muka (interface language) Inggris.

Kamus Indonesia pada Word 2007

Kamus Indonesia pada Word 2007

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: